Soft IKP dan Remote Control

Remote control  adalah sebuah alat elektronik yang berfungsi  untuk memberikan instruksi dari jauh pada perangkat elektronik seperti  Televisi, DVD Player dan bahkan PC Komputer.  Umumnya  Remote di design berukuran minim dan berkomunikasi dengan perangkatnya masing-masing melalui sinyal-sinyal infra merah, sinyal radio, Bluetooth dan WiFi. Untuk infra merah sendiri adalah radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak, tetapi lebih pendek dari radiasi gelombang radio, pada kehidupan sehari-hari infrared ternyata juga bermanfaat pada kesehatan misalnya meningkatkan sirkulasi mikro dan meningkatkan metabolisme tubuh, nah sebelum penjelasannya tambah OOT dan makin tidak jelas mari kita sudahi saja pengertian tentang Remote Control ini yah xixixixi…

Untuk dukungan feature remote Soft IKP versi 2.4 yang baru saja release kami sempat dipusingkan dengan beberapa pilihan jenis remote, yang pertama pilihannya adalah Remote Universal yaitu suatu Receiver Infrared yang dibantu suatu Driver khusus sehingga mampu untuk menerima input dari berbagai macam Remote, mulai dari remote TV, remote DVD Player, Kipas Angin hingga remote AC pun bisa, pilihan ini mudah untuk diaplikasikan tetapi sayangnya ternyata tidak bisa digunakan untuk user yang menggunakan Windows 64bit karena driver tersebut hanya mensupport system 32bit.

Pilihan kedua adalah tipikal Remote Karaoke yang biasanya digunakan pada builtin karaoke player,  system yang digunakan dan pengaplikasiannya ke soft IKP cukup mudah.. sayangnya.. masih belum sesuai untuk Soft IKP yang berbasis pointing input (mouse atau touch screen) karena kebanyakan model remote seperti ini tidak memiliki pointer, hmm.. contoh kasusnya seperti ini.. Anda sudah bisa mengetik dengan menggunakan tombol remote, juga bisa Play, Pause, Next, Stop dengan memanfaatkan tombol multimedia pada remote tersebut, sudah oke banget.. nah tetapi saat Anda ingin melakukan navigasi playlist, bukankah user harus terlebih dahulu menyeleksi lagu pada playlist? Nah proses seleksi lagu pada playlist inilah yang tidak dapat dilakukan oleh remote seperti ini, berikut contoh remote tersebut :


Pilihan ketiga adalah Remote Desktop, untuk pilihan ini Soft IKP dari versi jadul pun tidak memerlukan tambahan code untuk bisa memanfaatkan Remote Desktop, juga aplikasi lain pun tidak memerlukan adaptasi coding untuk bisa menggunakan Remote Desktop. Cara kerja Remote Desktop adalah meremote desktop komputer dari system perangkat lain (bisa komputer/notebook, tablet android, hp Symbian, Blackberry, dan sebagainya) dengan menggunakan jaringan wifi dan aplikasi tertentu,  contohnya aplikasi Team Viewer, Radmin dan yang paling populer VNC, dengan menggunakan aplikasi seperti itu kita bisa mengakses dan mengendalikan desktop komputer server dari jauh dan seolah-olah kita berhadapan langsung dengan komputer yang diremote karena tampilan desktop perangkat yang kita gunakan akan sama seperti komputer yang diremote tersebut… sayangnya.. selain harus menyediakan perangkat hotspot yang harganya cukup lumayan, implementasi akan ribet, dan tidak safe, dengan adanya hotspot wifi berarti akan membuka port dan celah ini bisa dimanfaatkan oleh tangan-tangan jahil atau sebagai media penyebaran virus, karena terbuka juga bisa menyebabkan rebutan akses untuk meremote, umumnya perangkat seperti Tablet Android dan Handphone memiliki batasan catudaya (baterai) yang sangat singkat jika dioperasikan secara terus-menerus. Perangkat seperti Tablet dan HP tersebut rata-rata memiliki harga yang tidak murah sehingga tidak worthy saja jika dijadikan sebagai remote.

Pilihan ke-empat ini lah yang kami pilih, yaitu dengan menggunakan PC Remote Controller, remote ini sebenarnya ditujukan untuk HTPC (Home Theater PC) pengaplikasiannya cukup mudah, remote biasanya dilengkapi dengan sebuah receiver infrared yang berjalan secara plug and play pada port USB, jadi tidak perlu install driver lagi. Tombol Multimedia seperti Play, Pause, Next, Stop dan lain sebagainya juga bisa diimplementasikan dengan mudah pada soft IKP, remote ini memiliki pointer input yang bisa mengarahkan Mouse, pointer input  bisa berbentuk sebagai Stick, Trackball atau Touchpad, baterai yang digunakan bisa baterai AA atau AAA bahkan saking hematnya remote yang kami miliki malah menggunakan baterai BIOS atau baterai jam tangan. PC Remote Controller ini juga ada yang memiliki versi keyboard Qwerty.

PENCARIAN TERAKHIR :

  • software remote control buat karaoke pc
  • cafe karaoke DSP bandar lampung
  • di manakak letak gain pada ampli
  • aplikasi android KEYBOARD REMOTE QWERTY KARAOKE
  • pahe karaoke banjarnegara
  • pc jadul jadi perangkat home theatre
  • pemandu lagu pemalang bazz karaoke
  • remote control Android untuk karaoke
  • remote player karaoke
  • software karaoke yang bisa remote tablet android
  • tombol remote ICP29B4 untuk karaoke
  • logo remote tv buat karaoke
  • keyboard infrared untuk di alat karaoke
  • infra red pada tv inul vista
  • aplikasi remot dvd karoke
  • cara kerja remote karaoke model tombol kumputer
  • cara mengecilkan volume kareoke pada remote karaoke
  • cara menggunakan querty renote
  • cara menggunakan remot karaoke buat pc
  • driver 5 tingkat stereo etalase audio
  • driver untuk remote ts karaoke
  • dvd karaoke remote besar
  • www youtube pemandu lagu tanpa cd pyur jelas
alfriets

mas, saya dari alfriets dari Jayapura, mau tanya kalo soal remote untuk PC
1. apakah bisa dipake untuk semua pc misalnya untuk notebook
2.apakah ada syarat minimum systemnya
3. harganya berapa ya?
tks

elvis

stok remote PC merek Lenovo (gambar kanan) atau seperti tampak gambar tengah, sudah ada belum ?
berapa harganya ?

Achmad S

Saya sudah menggunakan dengan membeli Wireless Mini Keyboard dan Remote Desktop, lumayan juga tapi masih kurang nyaman.
Apakah ada rencana mengembangkan Remote Control dengan Apps di Smartphone Android atau iOS, seperti yang digunakan di tempat2 karaoke keluarga ?

istilab

terimakasih.. maksud agan bukan “Remote Control” tetapi lebih tepat ke “Remote Data”.. rencana pasti ada gan, bahkan saya sudah melakukan sedikit research untuk mencari tau mengenai hal tersebut.., terus terang dengan kemampuan saya yang pas-pasan saat ini saya mesti belajar lebih lagi untuk membuat fitur seperti itu, disamping itu juga database yang digunakan harus berjalan sebagai service yang bisa diakses via jaringan (seperti sql server atau firebird) sehingga bisa diakses dari aplikasi third party/mobile seperti untuk android dan ios (yang mana mengharuskan saya mempelajari bahasa pemrograman yang baru untuk saya), adapun jenis database yg digunakan saat ini bukan dikondisikan untuk hal tersebut, sehingga untuk bisa menambahkan fitur Remote Data tersebut saja saya harus mengubah keseluruhan kode program (karena sintaksis, prosedur dan rutin database yang berbeda). Mungkin nanti kalau sudah kesampaian rencana saya untuk yang versi bisnis dengan harga bisnis juga hehehe ^_^

Tinggalkan Balasan