Error Tidak Ada Gambar atau Suara

troubleshooting error tidak ada gambar atau suaraError tidak ada gambar atau suara

Error tidak ada gambar atau suara. Suatu saat atau bahkan Anda mungkin sudah pernah mengalami saat menginput suatu file lagu tetapi lagu tersebut tidak dapat dimainkan secara Normal. Misalnya tidak muncul gambar/video, tidak muncul suara/audio atau keduanya sekaligus, muncul pesan File Not Found atau dalam kondisi tertentu misal saat menggunakan satu layar video bisa muncul tetapi jika menggunakan dual layar video tidak muncul sementara audio tetap ada. Untuk itu artikel troubleshooting kali ini akan memberikan ulasan dan solusinya. Artikel Error tidak ada gambar atau suara ini akan diupdate seiring dengan perkembangan yang ditemukan.

Format & Media Codec Not Supported

Sejatinya komponen Media Player yang digunakan oleh IKP digunakan untuk memainkan format file MPG/MPEG, AVI , DAT, ASF, WMV dan MOV. Anda tidak bisa memainkan format selain format file tersebut, solusinya  Anda bisa mengaktifkan fitur FFDSHOW pada tool configuration Video & Audio untuk bisa memainkan format populer lainnya seperti MKV, MP4, MP3, WEBM, FLV, MTS/M2TS, RM/RMVB dan tidak menutup kemungkinan untuk format lainnya.

Media Codec Crash

Komponen Media Codec milik Soft IKP mengalami crash disebabkan Media Codec milik aplikasi lain, seperti aplikasi Video Player, Video Editor, Video Converter atau bahkan Software Karaoke lainnya. Hal ini tidak hanya menggagalkan Soft IKP untuk memainkan format file yang sebenarnya disupport tetapi bahkan bisa menyebabkan Soft IKP auto close dengan sendirinya.

Sulit untuk menentukan komponen mana yang crash sehingga solusi yang bisa direkomendasikan saat ini adalah install ulang sistem operasi Windows Anda, install driver Audio dan Display lalu jangan install apa-apa selain soft IKP.

File Not Found

Jika Soft IKP memberikan pesan File Not Found dan tidak menambahkan lagu terpilih kedalam Playlist, artinya Soft IKP tidak dapat menemukan file lagu tersebut sesuai dengan Path yang terdaftar pada database. Kemungkinan yang terjadi adalah File terkait terhapus, Path (letak) File terkait tersebut berubah (titik atau single spasi saja yang berubah akan mempengaruhi lokasi Path) atau harddisk tempat penyimpanan lagu terkait mengalami kerusakan atau tidak terkoneksi pada sistem operasi.

Solusinya cari lagu yang tidak ditemukan pada Database Tool, klik edit dan lihat Path lagu tersebut, kemudian buka Windows Explorer dan cocokan serta cari secara manual Path lagu tadi, jika file memang tidak ada maka Anda bisa menghapus Record dari Database Tool atau membuat salinan baru File tersebut dan menginputnya kembali pada Database. Anda bisa menggunakan tool Repair pada Database Tool untuk menghapus atau mengubah drive secara otomatis untuk File yang tidak ditemukan.

MPEG-PS dengan Variable Bitrate

ISTILAB pernah menemukan suatu file lagu yang bisa dimainkan normal dengan mode satu layar tetapi video tidak muncul jika menggunakan dual layar. Ada juga yang hanya suara saja sementara video tidak muncul baik dengan satu layar maupun dual layar. Bahkan ada juga yang tidak bisa dimainkan sama sekali. ISTILAB melakukan investigasi untuk beberapa file, lebih banyak dikonversi menggunakan aplikasi Handbrake dan pada nama file sample diberi embel-embel HD, HD adalah akronim dari High Definition dimana Video memiliki resolusi hingga 720p. Tetapi bukan itu masalahnya karena Soft IKP bahkan bisa memainkan video film Full HD dengan resolusi hingga 1080p.

Dengan melihat pola persamaan file-file sample akhirnya diketahui semua file menggunakan container MPEG-PS dengan Variable Bitrate dikenal dengan istilah VBR (Variable Bitrate) atau VFR (Variable Framerate), ini adalah metode encoding saat video di konversi. Melihat informasi disalah satu forum yang konsen membahas mengenai video, kelebihan VBR ini adalah ukuran file konversi bisa berukuran lebih kecil, tetapi kelemahannya file video tersebut tidak akan kompatibel dengan alat elektronik yang lebih lama serta menambah resiko bermasalah pada playback dan editing, misalnya pada software sensitive timing seperti Adobe Premiere dan Soft IKP.

Solusinya adalah dengan melakukan konversi ulang menggunakan Constant Bitrate (CBR) dengan aplikasi video converter seperti aplikasi gratisan iwisoft video converter. Rekomendasi ISTILAB adalah untuk mengconvert file tersebut ke dalam format WMV.

PENCARIAN TERAKHIR :

  • ada gambar tapi suara ga keluar pada dzone 10
  • kenapa yalla shoot di pc not support
  • sofware karoeke 5 tidak keluar gambar
  • tidalk ada suara di dzone xtr
  • tochscreen karoke ga ada gambar
  • touchscreen karoke tidak keluar gambar
Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan